Sorotan

4.114 Kampung Di Papua Belum Terlayani Jaringan Listrik

4.114 Kampung Di Papua Belum Terlayani Jaringan Listrik

JAYAPURA (MAnews) – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua menyatakan sebanyak 4.114 kampung di provinsi itu belum teraliri oleh listrik.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua – Bangun Manurung di Jayapura, Rabu, mengatakan dari total 5.419 kampung, yang sudah terlistriki baru sekitar 1.305 kampung atau 75,92 persen.

Jika melihat kondisi ini dikhawatirkan sampai puluhan tahun akan datang belum semua kampung di Papua bisa mempunyai listrik,” katanya.

Oleh karena itu, Bangun mengatakan perlu ada kebijakan khusus dalam hal penganggaran untuk listrik sebagaimana penganggaran untuk insfrastruktur lainnya seperti jalan, jembatan, perhubungan, dan bandara.

Seharusnya pembangunan listrik disamakan dengan pembangunan insfrastruktur lain, tetapi kenapa untuk pembangunan listrik tidak ada kebijakan penganggaran,” ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah pusat seharusnya mengalokasikan anggaran besar untuk pembangunan listrik seperti anggaran untuk pendidikan dan kesehatan.

Dia menambahkan pembangunan di Papua, termasuk pembangunan jaringan listrik, cukup rumit dan susah, tidak bisa disamakan dengan di Jawa yang memang lebih ekonomis. (DPR/ANT)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top